341606

DEMAM GAME MOBILE LEGEND : BANG BANG PENGARUHI AKTIVITAS MAHASISWA FEB UNIVERSITAS UDAYANA

341606

3718 3719

3720 3721

 

oleh :

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

 

            Mobile Legend : Bang Bang merupakan salah satu gameonline yang sedang trending saat ini. Beragam usia kini tengah kecanduan dengan game yang satu ini. Lalu, apa sebenarnya GameMobile Legend ini? Dan mengapa banyak yang memainkan game ini? Jadi secara umum GameMobile Legend:Bang Bang adalah game yang dirancang untuk ponsel dimana dalam game ini, pemain dituntut untuk mempertahankan basis atau minion agar tidak dihancurkan oleh lawan. Fitur dalam game ini terbilang cukup menarik sehingga dapat memanjakan mata ketika dimainkan. Selain itu,game ini juga tergolong ke dalam game yang mudah dimainkan. Bagi yang pertama kali memainkan game ini, akan diajarkan terlebih dahulu bagaimana cara untuk memainkan game ini mulai dari menentukan hero yang digunakan, menggunakan skill dari hero yang digunakan, cara menyerang lawan hingga  bermain bersama pemain lain. Tak heran gameonline ini banyak digemari oleh setiap orang, bahkan para pemain dijuluki sebagai Moba Lovers. Selain memiliki fasilitas yang menarik di dalamnya, gameonline ini berhasil membuat seseorang menjadi kecanduan karena pemain ditantang untuk mempertahankan wilayah sendiri bagaimanapun caranya.

           Dibalik sensasi dari game yang sedang hits ini, tersimpan kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Memiliki grafik yang berkualitas tinggi dimana pemain dapat dengan jelas melihat peta pemain, hero, item serta efek skill dari hero yang digunakan merupakan salah satu kelebihan dari game online ini. Selain itu, hero dalam game ini bervariasi sehingga para Moba Lovers dapat memilih pemain favoritnya. Bagi kalangan pemula, tentu akan mengalami sedikit kesulitan saat pertama kali memainkan game ini namun hal itu dapat diatasi karena game ini memiliki kendali yang memudahkan bagi kalangan tersebut. Banyaknya reward dan event juga dapat membantu player untuk tetap konsisten dalam memainkan game ini.

          Walaupun terdapat kelebihan dalam game ini, ternyata terselip beberapa kekurangan dalam game ini, yaitu dalam memainkannya dibutuhkan koneksi internet yang memadai. Hal ini yang sering dikeluhkan oleh para Moba Lovers karena jaringan koneksi internet yang tidak stabil. Selain koneksi internet, game Mobile Legend juga memerlukan kapasitas penyimpanan dan RAM yang cukup besar.

            Terlepas dari segala kekurangan GameMobile Legend ini, fakta yang terdapat di lapangan banyak masyarakat yang masih berminat dan menikmati game ini. Bahkan para penggemar game ini rutin bermain disela waktu luangnya. Saat berkumpul bersama teman-teman pun mereka asyik bermain Game Mobile Legend. Para pemainnya juga bervariasi, ada dari kalangan remaja hingga dewasa. Ini membuktikan bahwa Game Mobile Legend melekat di hati seluruh kalangan masyarakat. Moba Lovers bahkan rela mengeluarkan kocek lebih untuk meningkatkan kualitas hero-nya. Tidak dapat dipungkiri bahwa Game Mobile Legend merupakan game favorit setiap orang. Namun, karena aktifnya bermain Game Mobile Legend membuat mereka tidak menghiraukan hal lain dan cenderung bersikap acuh terhadap lingkungan sekitar. Mereka lebih fokus untuk bermain daripada mengobrol dengan orang-orang disekitarnya. Bahkan pemain yang sudah memiliki ketergantungan akan menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game tersebut.

      Virus Game Mobile Legend rupanya juga telah menyebar di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu fakultas di Universitas Udayana yang pada kenyatannya juga memiliki peminat Game Mobile Legend yang tidak sedikit. Banyak mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memainkannya ketika mereka memiliki waktu istirahat maupun waktu luang. Hal ini dapat dilihat berdasarkan data kuesioner yang telah diisi oleh mahasiswa/I di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dimana sebanyak 67,88% mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana mengenal Mobile Legend dari teman mereka. Tentu hal ini membuat peminat Game Mobile Legend menyebar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Seperti halnya masyarakat pada umumnya, peminat Game Mobile Legend di  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana tidak hanya terdiri dari mahasiswa laki-laki saja, namun peminatnya juga berasal dari mahasiswa perempuan. Hal tersebut menunjukkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana tidak ada pembeda antara perempuan dan laki-laki dalam bermain game tersebut.

          Bermain Game Mobile Legend bukan hanya sekedar aktivitas untuk menghibur diri, tetapi telah menjadi kegemaran bagi  banyak kalangan. Berdasarkan data yang diperoleh, rutinitas bermain Game Mobile Legend dari mahasiswa/I di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana setiap harinya yaitu sebesar 53,55% dan 47,46% mengaku tidak setiap hari bermain Game Mobile Legend. Hal ini menunjukkan bahwa disela-sela waktu mereka digunakan untuk memainkan game ini. Durasi waktu untuk memainkannya pun beragam. Ada yang kurang dari dua jam, dua sampai empat jam bahkan lebih dari dua jam. Namun, berdasarkan data kuesioner, durasi bermain tertinggi yaitu kurang dari dua jam sebanyak 64,69%. Dimana, berdasarkan persentase tersebut, para gamers di kalangan mahasiswa ini rata-rata hanya memainkan game ini kurang dari dua jam dan selebihnya digunakan untuk melakukan aktifitas yang lain.

          Dari durasi waktu yang mereka gunakan untuk memainkan game ini, hal ini berdampak pada jam tidur di malam hari. Sehingga, dilihat dari data yang ada, sebanyak 41,61%  mahasiswa/I mengaku jarang tidur larut malam dan 12,41% sangat sering tidur larut malam. Hal ini menunjukkan bahwa, sebagian besar mahasiswa/I di Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana terbilang bisa mengatur waktu beristirahat di malam hari walaupun disisi lain juga memainkan game yang sedang tren ini. Beralih dari waktu, untuk memainkan game ini tentunya diperlukan uang penunjang. Untuk itu, sebanyak 56,20% dari total keseluruhuan mahasiswa/I yang mengisi kuesioner mengaku sangat jarang mengeluarkan uang untuk menunjang Game Mobile Legend. Dimana sebanyak 74,45% pengeluaran mahasiswa/I yaitu kurang dari Rp 50.000. Hal ini berarti bahwa, sebagian besar uang dari mahasiswa/I di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana tidak sepenuhnya digunakan untuk menunjang game ini melainkan hanya kurang dari Rp 50.000 yang digunakan. Selain uang, sebagian besar mahasiswa/I di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ternyata pernah memainkan game ini saat jam kuliah. Hal ini dilihat dari data yang ada yaitu sebanyak 59,12% pernah gaming saat jam kuliah berlangsung dan 40,88% mengaku tidak pernah alias fokus dengan jam kuliah saja.

         Memainkan game ini tentunya sangat bagus karena secara tidak langsung dapat menurunkan tingkat stress disela – sela waktu yang senggang maupun padat. Hal ini dilihat dari kondusifitas pembelajaran mahasiswa/I dengan memainkan game ini sebanyak 68,42% mengaku stabil. Apalagi dengan memainkan game ini, secara tidak langsung dapat melatih kreativitas para pemain. Terbukti dengan sistem game tersebut mengajarkan kita agar dapat melakukan segala cara untuk dapat bertahan dari serangan musuh. Di satu sisi, perlu kita sadari bahwa kita sebagai mahasiswa/i juga masyarakat  harus bisa  cermat dalam memilih kapan dan dimana waktu yang memang benar-.benar tepat untuk memainkannya. Tentunya hal ini diharapkan tidak menggangu hubungan sosial kita dengan orang lain hanya karena diakibatkan terlalu sering memainkan game ini sampai kita lupa waktu, lingkungan sekitar kita dan lain sebagainya. Kita sebagai mahasiswa/I juga masyarakat, diharapkan agar selalu bisa mengetahui dan mengingat, apa saja dampak baik dan dampak buruk dari segala aktivitas yang kita lakukan ketika bermain  GameMobile Legend: Bang Bang.

Untuk Mendownload Infografis bisa klik Link di bawah ini :

Infografis : Pengaruh Mobile Legend Terhadap Aktivitas Mahasiswa FEB Unud

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *