esfffff

[REVIEW KEGIATAN EQUILIBRIUM SCIENCE FAIR 2019]

DSC09092

_DSC0229

DSC09723

IMG_8779

DSC00106

Equilibrium Science Fair 2019 atau yang bisa disingkat dengan ESF 2019 merupakan salah satu program kerja dari Divisi 1 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ESF ditahun ini kembali hadir untuk seluruh siswa dan mahasiswa di Indonesia. Rangkaian pertama dari ESF 2019 ini telah diawali dengan diadakannya Tryout SBMPTN untuk Sekolah Menengah Atas se-Bali.

Rangkaian selanjutnya dari kegiatan ESF 2019 ini adalah perlombaan dengan empat divisi perlombaan yaitu English Debating Competition (EDC), Indonesian Debating Competition (IDC), Equilibrum Writing Competition (EWC), dan National Equilbrium Competition (NEC). Keempat divisi perlombaan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana pada tanggal 8 Agustus 2019 di Aula Gedung Doktor, Kampus Sudirman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan I sampai III Divisi English Debating Competition dan Technical Meeting Divisi Indonesian Debating Competition, Divisi Equilibrium Writing Competition, dan Divisi National Equilibrium Competition yang dihadiri oleh seluruh peserta dari masing-masing divisi perlombaan.

Kemudian pada tanggal 9 Agustus 2019 dilanjutkan dengan babak penyisihan IV, Semi Final, Final, dan Grand Final dari Divisi EDC, babak penyisihan I sampai III Divisi IDC, presentasi perlombaan Divisi EWC, dan tahap presentasi perlombaan Divisi NEC. Dilanjutkan dengan hari terakhir perlombaan yaitu pada tanggal 10 Agustus 2019 yang terdiri dari babak per-enam besar, Semi Final, Final, dan Grand Final dari perlombaan Divisi IDC, Seminar Mini, Babak Konferensi Tahap 1 dan 2, serta Babak Diskusi Kelompok dari perlombaan Divisi NEC. Selama tiga hari masa perlombaan, pengumuman peserta yang berhasil meraih penghargaan diumumkan pada Awarding Night di Ballroom Hotel Neo Gatsu Denpasar pada tanggal 10 Agustus 2019. Adapun para peserta yang berhasil meraih penghargaan yaitu:

Equilibrium Writing Competition (EWC) :
🏆Juara 1: Ni Putu Sukma Meerani Santi.
🏆Juara 2: Pande Kadek Putri Rahayu Indrayani.
🏆Juara 3: Baiq Ayu Rahmawati
English Debating Competition (EDC) :
🥇Juara 1: SMAN 2 Denpasar.
🥈Juara 2: SMAN 4 Denpasar A.
🥉Juara 3: SMAN 1 Bangli B.
🏅Best Speakers : I Gusti Ayu Ari Danayati Tantera.
National Equilibrium Competition (NEC) :
🏆Juara 1: AEK (Institut Pertanian Bogor).
🏆Juara 2: SEMAR (Universitas Sebelas Maret).
🏆Juara 3: KARL MARX (Universitas Brawijaya).
🏅Best Idea: Tim AEK (Institut Pertanian Bogor).
🎖Best Delegate: Hanrian Rizqi Albakri.
Indonesian Debating Competition :
🏆Juara 1: Self-Love (President University)
🏆Juara 2: Doa Ibu (Universitas Udayana)
🏆Juara 3: Coboy Senior (Universitas Sriwijaya)
🏅Best Speaker: Putu Dimas Pranata.

Kegiatan ESF 2019 tidak terhenti dengan berakhirnya Awarding Night. Pada tanggal 11 Agustus 2019 para peserta mengikuti rangkaian terakhir dari kegiatan ESF 2019 yaitu Tour Trip. Selama satu hari penuh peserta dapat menikmati keindahan Pulau Bali seperti Water Blow Nusa Dua dan Krisna oleh-oleh Sunset Road kemudian berakhir di Bandara Ngurah Rai. Dengan adanya tour trip ini, diharapkan dapat membuat para peserta menghilangkan ketegangan situasi lomba dan dapat mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Dengan berakhirnya tour trip, maka berakhir pula rangkaian Equilibrium Science Fair 2019 yang tentu menjadi salah satu program kerja yang memperkenalkan Universitas Udayana khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis ke seluruh penjuru Indonesia.

Demikian review dari kegiatan Equilibrium Science Fair (ESF) 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, semoga segala rangkaian kegiatan ESF 2019 dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Sampai bertemu di Equilibrium Science Fair (ESF) 2020!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *